<h2 id="title"><a href="http://filterpenyaringair.com/">Filter Penyaring Penjernih Air Kualitas No 1</a></h2> <div id="tagline">JUAL FILTER PENYARING AIR penjernih air (filter air) rumah tangga murah GARANSI. 0817 0904 777</div>

Filter Penjernih Air – Zat besi (Fe) adalah salah satu elemen yang dapat ditemui hampir pada setiap tempat di bumi, pada semua lapisan geologis dan semua badan air. Pada umumnya zat besi yang ada di dalam air dapat bersifat terlarut. Kandungan ion Fe pada air sumur bor bisa berkisar antara 5 – 7 mg/L. Sedangkan standar kandungan zat besi air bersih berdasarkan Permenkes RI : No. 416/Menkes/Per/IX/1990 maksimal 1,0 mg/L. Tinggi-rendahnya kandungan Fe ini sangat dipengaruhi oleh kondisi struktur tanah.

 

Penyebab utama tingginya kadar zat besi dalam air :

  • Kadar kesadahan (pH) air rendah.Kadar kesadahan (pH) air normal yang tidak menyebabkan masalah adalah 7 (6,8 – 7,2). Air yang berkadar kesadahan normal (pH 7 atau antara 6,8 – 7,2) dapat melarutkan semua jenis mineral termasuk zat besi.
  • Ada gas yang ikut terlarut.Jenis-jenis gas dimaksud adalah CO2 dan H2S. Beberapa gas terlarut dalam air tersebut akan bersifat korosif.
  • Mengandung bakteri.Bakteri-bakteri zat besi (crenotrik, leptotrik, callitonella, siderocapsa dan Iain-Iain) yang membutuhkan makanan dengan mengoksidasi besi sehingga larut dalam air, secara biologis amat mempengaruhi tinggi-rendahnya kadar zat besi pada air. Bakteri-bakteri tersebut membutuhkan oksigen dan besi untuk mempertahankan hidupnya.

Jika zat besi yang terlarut dalam air melebihi ambang batas, maka masalah-masalah yang akan terjadi adalah :

  • Gangguan teknis.Endapan Fe bersifat korosif terhadap pipa besi dan akan mengendap pada saluran pipa, sehingga mengakibatkan penyumbatan dan efek-efek negatif lainnya yang merugikan.
  • Gangguan fisik.Gangguan fisik yang diakibatkan karena adanya larutan zat besi dalam air yang melebihi 10 mg/L akan menjadikan air berwarna, berbau seperti telur busuk dan menimbulkan rasa yang tidak enak.
  • Gangguan kesehatan.Senyawa besi dalam jumlah kecil di dalam tubuh manusia berfungsi sebagai pembentuk sel-sel darah merah, dimana tubuh memerlukan 7-35 mg/hari yang sebagian diperoleh dari air. Tetapi zat Fe yang melebihi dosis yang diperlukan oleh tubuh dapat menimbulkan masalah kesehatan. Dalam dosis besar zat Fe dapat merusak dinding usus, terjadinya iritasi pada mata dan kulit.

3  Alternatif cara menurunkan kandungan zat besi pada air tanah :

  1. Aerasi :Aerasi adalah cara memasukkan udara kedalam air dengan proses oksidasi untuk menaikkan kadar oksigennya. Proses oksidasi ini dilakukan dengan menggunakan udara biasa, kemudian di ikuti dengan pengendapan dan penyaringan.
  2. Sedimentasi :Sedimentasi adalah proses pengendapan partikel-partikel padat yang tersuspensi dalam air karena pengaruh gravitasi (gaya berat secara alami). Proses pengendapan dengan cara gravitasi untuk mengendapkan partikel-partikel tersuspensi yang lebih berat daripada air, ini yang sering dipergunakan dalam pengolahan air. Biaya pengolahan air dengan proses sedimentasi relatif murah karena tidak membutuhkan peralatan mekanik maupun penambahan bahan kimia. Prinsipnya sedimentasi adalah untuk mereduksi zat-zat kimia yang mengeruhkan air, dengan tanpa mengalami perubahan bentuk, ukuran, ataupun kerapatannya.
  3. Filtrasi :Filtrasi adalah proses pengolahan air yang prinsipnya adalah untuk mengurangi bahan-bahan organik maupun bahan-bahan an organik yang terkandung dalam air. Bahan yang umum dipergunakan sebagai media penyaring adalah pasir, karena mampu melakukan penyaringan yang baik. Pasir yang berbentuk butiran halus dan padat, dapat tahan lama, dapat dipakai berulang kali, selain juga mudah dibersihkan jika kotor serta tidak larut dalam air.

Cara Mengatasi Kandungan Besi (Fe) yang tinggi

Filter Air Bau Besi

 

Cara Filtrasi yaitu dengan menggunakan Alat Filter Penyaring Air, dengan komposisi susunan media filter yang tepat maka bau besi yang di akibatkan oleh zat besi akan berkurang ke level yang sangat aman, aman buat di pakai dan air aman buat di konsumsi.

Untuk anda yang mempunyai masalah air baik di rumah, kantor atau pabrik seperti di atas, air keruh, kotor, berlumpur, bau amoniak / busuk, berminyak silahkan KONSULTASIKAN (WA) kepada kami agar kami bisa memberikan SOLUSI dengan mengatur komposisi media untuk menjernihkan dan membersihkan air di tempat anda sehingga air anda menjadi layak pakai

08211 222 5020 (TELKOM)
0817 0904 777 (XL)
0815 1134 7463 (INDOSAT)

(sumber : mesinlaundy)

filterpenyaringair.com/masalah-zat-besi-yang-tinggi-dan-cara-mengatasinya/

Info Tentang :

cara agar air sumur tidak asin (8)kandungan zat dalam pasir (4)cara buat bak air dalam tanah (4)cara membuat bak air dalam tanah (4)cara menjernihkan air yang mengandung besi (2)cara menjernihkan air sumur yang berlumpur (2)cara menangani air sumur agar tidak asin (2)cara membuat bak air (2)tips supaya sumur tidak asin (2)cara agar sumur air jernih dan tidak asin (2)

 

Water Treatment | Survey Geolistrik | Pembuatan Sumur Bor