Filter Penyaring Air Tanah, sering kali kita dengar orang mencari filter untuk menyaring air tanah karena seperti kita ketahui kita mendapatkan asupan air dari PDAM dan juga Sumur / sumur Bor yang berasal dari dalam tanah.

Filter Penyaring Air Tanah Ntuk air kotor

 

 

Kondisi Sungai kotor yang akan mencemari air tanah

Air Tanah menurut Abel Wolman mempunyai rumus H2O + X, dimana X merupakan hasil buangan oleh aktivitas Manusia. Semakin padatnya jumlah penduduk membuat aktivitas manusianya semakin banyak maka faktor X tersebut akan bertambah sehingga menjadi masalah.

Faktor X yang merupakan zat kimia yang dapat mengakibatkan,

– Toksisitas dan
– Reaksi reaksi kimia yang menyebabkan :

  • Pengendapan yang berlebihan
  • Timbulnya busa yang menetap, yang sulit untuk dihilangkan
  • Timbulnya respon fisiologis yang tidak diharapkan terhadap rasa atau pengaruh laxatif
  • Perubahan dari perwujudan fisik air

Zat zat kimia yang larut dalam air yang dapat mengganggu bahkan membahayakan kesehatan manusia antara lain*:

1. Arsen :

Kadar maksimum yang masih diperbolehkan dalam air 0,05 mg/l. dikenal sebagai racun; Chronic effect, bersifat karsinogenik dengan melalui kontak dengan Arsen atau melalui makanan (Food intake)

Kadar maksimum yang masih diperbolehkan dalam air 1,5 mg/l. Dikenal sebagai bahan kimia yang bersifat toxis terhadap hati, aliran darah, nervous.

3. Cadmium :
kadar maksimum yang masih diperbolehkan dalam air 0,01 mg/l. Sebagai racun yang akut bagi manusia melalui makanan.

4. Chromium :
Kadar maksimum yang masih diperbolehkan dalam air 0,05 mg/l. Karsinogenic pada pernafasan. Bersifat komulatif dalam daging tikus pada kadar mg/l.

5. Lead (Timah Hitam) :
Kadar maksimum yang masih diperbolehkan dalam air 0,05 mg/l. Dikenal sebagai racun dengan melalui makanan, air, udara dan menghisap rokok.

6. Mercury (Air Raksa) :
Kadar maksimum yang masih diperbolehkan dalam air minum 0,002 mg/l. Dikenal sebagai racun pada pekerja dan ikan. Terdapat dalam air alam kurang dari 1 mg/l. Terdapat dalam makanan 10 – 70.

7. Nitrate (Nitrat) :
Kadar maksimum yang masih diperbolehkan dalam air minum 10 mg/l. Air sumur dengan kandungan 15 – 250 mg/l menyebabkan Methemogloinemia pada bayi yang disebabkan karena susu yang dicampur dengan air tsb.

8. Selenium :
Kadar maksimum yang masih diperbolehkan dalam air minum 0,01 mg/l. dikenal sebagai racun ayng berhubungan dengan pekerjaan dan menyebabkan keracunan pada anak bila lebih dari 3 – 4 mg/kg makanan masuk.

9. Silver (Perak) :
Kada maksimum yang masih diperbolehkan dalam air minum 0,05 mg/l. dapat menyebabkan penyakit Argria, warna kulit yang kelabu kebiru biruan, mata.

10. Sulfate :
konsentrasi maksimum yang masih diperbolehkan dalam air 250 mg/l. Menyebabkan Laxative apabila kadarnya berupa magnesium dan Sodiums.

11. Besi :
Konsentrasi maksimum yang masih diperbolehkan dalam air 0,3 mg/l. Besi berguna untuk metabolisne tubuh manusia. Nilai ambang rasa 2 mg/l, menimbulkan warna, menyebabkan timbulnya koloidal yang berwarna dalam air.

12. Tembaga :
Konsentrasi maksimum yang diperbolehkan dalam air 1 mg/l. Penting untuk metabolisme. Menyebabkan air mempunyai rasa tertentu. Nilai ambang rasa 1 -5 mg/l.

13. Chlorida :
Konsentrasi maksimum yang diperbolehkan dalam air 250 mg/l. Kadar yang berlebihan menyebabkan air menjadi asin rasanya. rasa asin akan bertambah akibat adanya limbah yang mencemari air.

14. Fluor :
Kekurangan Fluor dalam air dapat menyebabkan caries gigi. Dan kelebihan Fluor menyebabkan penyakit Fluoresis. Kadar di dalam air minum 1 – 2 mg/

Dari pemaparan di atas dapat kita ketahui bahwa kondisi air tanah kita saat sangat dimungkinan memiliki kandungan zat kimiawi yang berbahaya bagi tubuh terutama bagi kita yang tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta,Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Mengapa karena kepadataan kota telah membuat industri merajalela dan mengakibatkan polutan masuk ke dalam tanah sehingga mengotori kandiungan air tanah di sekitar kita.(sumber : ptorindo)

Jual Filter penyaring air tanah

 

Filter penyaring air tanah untuk mengatasi bahaya kandungan kimia air tanah

Untuk itu salah satu cara untuk mengurangi bahaya kandungan air tanah yang biasa kita gunakan untuk aktivitas kita ialah dengan proses filterisasi atau penyaringan yaitu filter penyaring air tanah.

Filter Penyaring air tanah yang kita gunakan sebaiknya disi media filter air yang tepat untuk mengatasi masalah air yang ada di tempat kita. Dan untuk itu alangkah baiknya anda berkonsultasi dahulu dengan team filter penyaing air mengenai penyakit air (survey/pengambilan sample air) di tempat anda agar didapatkan air yang bersih dari hasil dari filter penyaring air tanah.

Keyword Filter Air:

Water Treatment | Survey Geolistrik | Pembuatan Sumur Bor

HOTclose